Senin, 14 Januari 2013

[ISD] Bab 8 : Ilmu Pengetahuan, Teknologi Dan Kemiskinan




Ilmu pengetahuan, teknologi, dan kemiskinan merupakan bagian-bagian yang tifak dapat dibebaskan dan dipisahkan dari suatu system yang berinteraksi, interelasi, inerdependensi, dan ramifikasi (percabangannya). IPTEK atau Ilmu Pengetahuan dan Teknologi memegang peranan penting bagi negara-negara berkembang dalam proses peningkatan standar hidup, kesejahteraan, dan melindungi sumber daya alam dan keanekaragaman hayati. 

Teknologi yang berkembang dengan pesat, meliputi berbagai bidang kehidupan manusian. Kini, nampaknya sulit memisahkan kehidupan manusia dengan teknologi. Bahkan, sekarang pun telah menjadi kebutuhan manusia. Awal perkembangan teknik merupakan bagian dari ilmu . contohnya; dengan berkembang pesatnya teknologi computer dan teknologi satelit luar angkasa , maka diperoleh pengetahuan barudari hasil kerja kedua produk teknologi tersebut.

Kemiskinan lazimnya dilukiskan sebagai kurangnya pendapatan utnuk memenuhi kebutuhan hidup yang pokok. Kemiskinan menjadi suatu kebudayan yang mempunyai struktur yang telah menjadi turun-temurun. Hal itu disebabkan oleh dan selama proses perubahan social secara fundamental. Seperti transisi dan feodalisme ke kapitalisme, perubahan teknologi yang cepat, kolonialisme,dan kurangnya ilmu pegetahuan juga berdampak terjadinya kemiskinan. Sebagai contoh, rata-rata orang yang hidup dibawah garis kemiskinan belum dapat membaca maupun menulis. sedangkan salah satu cara memberatas kemiskinan adalah dengan ilmu pengetahuan. dengan dapat membaca dan menulis, seorang pemulung sampah bisa berkesempatan mendapatkan pekerjaan yang lebih layak dan menghasilkan banyak uang. dengan ilmu pengetahuan, dapat merubah seorang pengamen untuk berpikir dan memulai membuka suatu usaha/wiraswasta.

IPTEK memainkan peran penting sebagai sebuah agen pembaharu di masyarakat. Sebagai bangsa yang bergerak ke arah ekonomi berbasis pengetahuan, dibandingkan ekonomi berbasis sumber daya alam sesuai dengan paradigma tekno-ekonomi, IPTEK menjadi landasan keberhasilan pembangunan ekonomi yang didukung oleh kapasitas dan kapabilitas sumber daya manusia yang kompetitif.

Ilmu pengetahuan, teknologi dan kemiskinan memiliki kaitan struktur yang jelas. Ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan dua hal yang tak terpisahkan dalam peranannya untuk memenuhi kebutuhan insani. Ilmu pengetahuan digunakan untuk mengetahui “apa” sedangkan teknologi mengetahui “bagaimana”. Ilmu pengetahuan sebagai suatu badan pengetahuan sedangkan teknologi sebagai seni yang berhubungan dengan proses produksi, berkaitan dalam suatu sistem yang saling berinteraksi. Teknologi merupakan penerapan ilmu pengetahuan, sementara teknologi mengandung ilmu pengetahuan di dalamnya.

Ketiga hal ini saling terhubung satu sama lain. Ilmu pengetahuan, teknologi, dan kemiskinan. Dimana apabila seseorang tidak memiliki ilmu pengetahuan yang luas maka mereka akan kesulitan untuk mempelajari teknologi yang berkembang cepat, sebagai contoh; masyarakat pedalaman dimana mereka kurang nya informasi akan teknologi yang berkembang saat kini sehingga mereka melakukan kegiatan dan pekerjaan mereka dengan cara tradisional dan tidak akan menciptakan kemajuan. Kerugian lah yang didapat yaitu menyebabkan kemiskinan. Miskin akan harta maupun ilmu pengetahuan. Seiring dengan kemajuan IPTEK yang pesat, ada baiknya para generasi muda mulai menggali ilmu pengetahuan akan teknologi saat kini agar masa depan bangsa tidak akan terpuruk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar