Senin, 11 Maret 2013

[IBD] Penerapan Manusia & Kebudayaan Dalam Kehidupan Sehari-Hari


Manusia dan kebudayaan, merupakan dua hal berbeda namun memiliki satu kesatuan dan tak bisa dipisahkan, mengapa demikian? Karena, manusia merupakan perwujudan dari kebudayaan itu sendiri. Manusia sendirilah yang menciptakan suatu kebudayaan, dan manusia pula yang harus menaati segala peraturan yang telah dibuat. 

Selama ini, kita selalu menerapkan manusia & kebudayaan dalam kehidupan sehari-hari. Dimana kebudayaan memiliki 3 wujud, yaitu wujud sebagai suatu kompleks dari ide-ide, gagasan, peraturan, dan sebagainya. Memiliki sifat yang abstrak. Hal ini seringkali kita terapkan, seperti contoh; peraturan-peraturan yang dibuat dalam suatu keluarga. Cukup sederhana, akan tetapi hal ini menjadi suatu budaya yang akan dilakukan berulang-ulang. Seperti halnya pada keluarga kraton. Mereka memiliki peraturan-peraturan yang dipandang sebagai suatu kebudayan di mata orang awam. 

Kemudian, wujud kebudayaan sebagai suatu kompleks aktivitas kelakuan yang berpola dari manusia dalam masyarakat. Salah satu diantaranya adalah arisan yang dilakukan oleh ibu-ibu pkk. Adanya hal itu di karenakan adanya salah satu warga yang melakukan pergerakkan pada warga lainnya. Sama halnya dengan melakukan gotong royong, yang dimana terkadang dijadikan suatu budaya dalam suatu wilayah yang terkadang dilakukan pada hari-hari tertentu.

Lalu adanya wujud kebudayaan sebagai benda hasil karya manusia. Seperti contoh; batik. Batik kini telah disahkan sebagai salah satu hasil karya seni budaya Indonesia. 

Budaya yang dikembangkan oleh manusia akan berimplikasi pada lingkungan tempat kebudayaan itu berkembang. Dengan menganalisis pengaruh akibat budaya terhadap lingkungan seseorang dapat mengetahui, mengapa suatu lingkungan tertentu akan berbeda dengan lingkungan lainnya dan mengasilkan kebudayaan yang berbeda pula. Seperti contoh yaitu penggunaan hijab modern yang tengah marak akhir-akhir ini. Diharapkan dengan adanya budaya yang berkembang ini, dapat membawa pengaruh positif serta memotivasi seseorang untuk mempelajari dan berkembang menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

2 komentar: